Paparkan Perkembangan Ekonomi RI, KBRI Athena Gelar Business Dinner

By Admin

nusakini.com--KBRI Athena menyelenggarakan kegiatan "business dinner" di Wisma Duta, Kamis (13/7). Acara ini dihadiri oleh 10 orang pelaku usaha Yunani dan Iman Taufik, pelaku usaha dari Indonesia dan mantan Ketua KADIN bidang Hubungan Internasional. 

Pada acara tersebut, Duta Besar RI, Ferry Adamhar memaparkan perkembangan ekonomi Indonesia, kebijakan pembangunan nasional dan kemudahan prosedur investasi, perdagangan serta potensi yang dapat dimanfaatkan oleh pelaku usaha kedua negara.

Salah satu kesamaan karakteristik geografi kedua negara adalah sebagai negara maritim, maka Duta Besar RI menekankan salah satu potensi yang dapat dimanfaatkan adalah pengembangan infrastruktur maritim. Yunani memiliki keunggulan dalam manajemen dan pengembangan maritim dan Indonesia sedang memfokuskan pembangunan sektor maritim dengan rencana pembangunan "tol laut", pengembangan industri galangan kapal dan manajemen pelabuhan. Selanjutnya untuk peningkatan kerjasama ekonomi, Duta Besar menyampaikan akan mendirikan Indonesian – Greece Business Council dan "Rumah Indonesia" sebagai sarana promosi ekonomi, pariwisata dan budaya Indonesia yang terintegrasi 

Untuk memberikan pemahaman yang lengkap tentang Indonesia kepada para undangan, ditayangkan film promosi pariwisata dan budaya Indonesia, produk unggulan ekspor Indonesia dan sektor-sektor potensi investasi Indonesia serta booklet memuat informasi prosedur melakukan perdagangan dan investasi di Indonesia. 

Kegiatan pertemuan dan diskusi dengan para pelaku usaha dan asosiasi industri di Yunani akan dilakukan secara regular kedepan sebagai salah satu upaya untuk mendapatkan informasi peluang dan hambatan dalam kerjasama ekonomi, perdagangan dan investasi kedua negara.(p/ab)